Mengapa Konsumsi Rokok Ilegal masyarakat Masih Tinggi?

1 minutes reading
Saturday, 7 Sep 2024 04:23 0 1285 Anshar Aminullah
 

Dalam paradigma perilaku sosial masyarakat kita, secara nyata kita lihat bahwa selain karena tingkat konsumsi rokok yang cukup tinggi dan pengetahuan yang masih minim terhadap legalisasi cukai resmi, membuat ketelitian dalam membeli tidak menjadi hal yang penting.

Harga yang lebih murah tentu menjadi pertimbangan utama dibanding kesadaran terhadap pajak yang masuk ke pemerintah. Hal ini juga menjadi kontradiktif saat kampanye kesehatan bebas rokok itu tidak disertai kenaikan harga rokok resmi secara signifikan.

Sebab kenaikan karga yang signifikan jelas membuat konsumsi rokok resmi akan berkurang drastis. Itupun harus disertai dengan pengawasan dan penegakan hukum yang tegas atas beredarnya rokok ilegal ini.

Kesadaran rendah terhadap pajak dan keinginan tinggi mengkonsumsi rokok dibawah harga adalah fakta empiris yang harus kita akui, pajak dari rokok belum menjadi kesadaran kolektif setiap individu seperti halnya rokok dapat menyebabkan penyakit serius.

Sehingga tak ada jalan lain memang selain pemerintah lebih meningkatkan pengawasan dan penindakan tegas bagi pengedar rokok ilegal, meskipun kita sadar ini menjadi hal yang tidak mudah.

 

Pendapat ini juga telah dimuat lebih awal di media :

https://www.rri.co.id/nasional/952140/selamatkan-rp9-17-miliar-potensi-kerugian-dari-rokok-ilegal